15 Agustus

Dukcapil Tegal Dekatkan Layanan di Kepandean Expo 2024: Sambut HUT RI ke-79 dengan Semangat Baru

SLAWI, disdukcapil.tegalkab.go.id – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Desa Kepandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, mengadakan acara Kepandean Expo 2024. Expo ini menjadi ajang penting bagi masyarakat dengan tujuan untuk  memperkuat rasa kebersamaan dan mempromosikan produk lokal sekaligus mendapatkan berbagai layanan publik, salah satunya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tegal.

Keterlibatan Disdukcapil Kabupaten Tegal dalam acara Kepandean Expo 2024, Kamis (15/08/2024) mendapat perhatian khusus dari masyarakat. Dalam expo ini, Disdukcapil Kabupaten Tegal menyediakan berbagai layanan kependudukan seperti perekaman dan pencetakan KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga, serta layanan konsultasi terkait administrasi kependudukan. Kehadiran Dukcapil di tengah expo memudahkan warga untuk mengurus berbagai dokumen administrasi kependudukan tanpa harus mendatangi ke Kantor Disdukcapil.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Tri Guntoro, SH.MM., menyampaikan bahwa partisipasi Disdukcapil dalam acara ini merupakan bentuk nyata dari upaya mendekatkan layanan kepada masyarakat. “Kepandean Expo 2024 ini memberikan kesempatan bagi kami untuk lebih dekat dengan masyarakat. Dengan hadir di tengah-tengah mereka, kami berharap dapat memberikan kemudahan dalam mengurus dokumen kependudukan yang mungkin selama ini dianggap rumit,” ujarnya.

Acara Kepandean Expo 2024 tidak hanya diisi dengan layanan publik dari Dukcapil, tetapi juga menampilkan berbagai kegiatan lainnya, seperti pameran produk lokal, bazar kuliner, dan pertunjukan seni budaya. Expo ini berhasil menarik perhatian banyak pengunjung, baik dari Desa Kepandean maupun desa-desa sekitar.

Warga Desa Kepandean, Bapak Suripto, merasa terbantu dengan adanya layanan dari Dukcapil di acara ini. "Saya sangat terbantu dengan adanya Dukcapil di expo ini. Saya bisa mengurus KTP dan akta kelahiran anak saya tanpa harus jauh-jauh ke kantor Dukcapil Slawi," ungkapnya dengan penuh antusias.

Kepala Desa Kepandean, Bapak Wastejo, menyampaikan bahwa acara ini tidak hanya untuk merayakan HUT RI, tetapi juga untuk mengangkat potensi lokal Desa Kepandean dan memberikan layanan publik yang bermanfaat bagi warga. "Kami berharap Kepandean Expo 2024 ini dapat menjadi acara tahunan yang terus memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, sehingga mereka dapat merasakan manfaatnya secara langsung," tandasnya.