02 Februari

KTP El Berlaku Seumur Hidup

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, yang ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian. Kedua, Surat Edaran Nomor 470/296/SJ dengan tanggal dan perihal yang sama, yang ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Kedua surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. 

Menurut Retno Suprobowati, SH.MM.MKn. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal, kedua surat tersebut terbit guna menindaklanjuti kabar yang beredar di masyarakat melalui berbagai media sosial, serta adanya pertanyaan pemerintah daerah dan swasta terkait masa berlaku KTP elektronik (KTP-el).

Kami sudah berulangkali menegaskan melalui media cetak dan di website disdukcapil.tegalkab.go.id bahwa berlakunya KTP el adalah seumur hidup, ketentuan ini sudah diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 yang tertuang dalam pasal 64 ayat 7 a. Jadi warga yang masa berlaku KTP elektroniknya habis, selama itu tidak rusak tidak usah melakukan perpanjangan.

Meskipun di beberapa KTP el, terutama cetakan tahun 2014 ke bawah, ada tulisan masa berlakunya, tapi KTP el nya tetap berlaku seumur hidup. ”Jadi kalau ada KTP el yang masa berlakunya habis, warga tak perlu memperpanjang, KTP el itu tetap berlaku seumur hidup”.

Jadi masyarakat tidak usah khawatir, meskipun dalam KTP el nya masa berlakunya sudah habis/ kadaluarsa, KTP el tersebut dipastikan bisa digunakan untuk pelayanan perbankan, melamar pekerjaan dan urusan lainnya yang menggunakan KTP el sebagai prasaratnya.

"Jadi masyarakat tak perlu takut dan khawatir ditolak saat menunjukkan KTP el nya sewaktu ada razia kepolisian ataupun disaat mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga manapun" tegas Retno Suprobowati, SH.MM.MKn.

Retno Suprobowati, SH.MM.MKn juga menghimbau kepada lembaga pelayanan pelayanan publik seperti perbankan, pelayanan perijinan, BPJS, perpajakan, pelayanan SIM/STNK dll untuk tidak mempermasalahkan KTP el yang tertulis masa berlakunya sudah kadaluwarsa.

Retno Suprobowati, SH.MM.MKn. mengingatkan bahwa mengurus KTP el tidak dipungut biaya/ gratis dan menghimbau kepada masyarakat agar hati-hati dan jangan mau apabila ada oknum petugas/ para calo yang meminta jasa mengurus kembali KTP el yang tertera masa berlakunya kadaluarsa.