29 April

KABUPATEN TEGAL, CETAK KTP ELEKTRONIK LUAR DOMISILI

Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Tegal, karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal telah menerima layanan percetakan KTP elektronik (KTP el) luar domisili. Bagi masyarakat yang berasal dari luar daerah Kabupaten Tegal yang kehilangan KTP el nya tidak perlu resah dan harus pulang ke daerahnya, karena untuk membuat KTP el yang  baru, pemohon cukup membawa surat kehilangan dari Kepolisian, fotocopy KK dan mengisi formulir untuk bisa mendapatkan KTP el yang baru.

Beberapa waktu yang lalu, seseorang berdomisili Kupang (NTT) kehilangan KTP el nya, yang bersangkutan mengajukan cetak ulang KTP el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal, tidak lama berselang ( dalam 1 hari) setelah persyaratan dipenuhi  KTP el domisili Kupang bisa dicetak.

Sejauh tidak ada perubahan elemen data yang menyangkut nama, tanggal lahir, status, pekerjaan, golongan darah dan domisili maka percetakan KTP el luar domisili bisa dilakukan.

Bahwa mulai 1 April 2016, rekam cetak atau pembuatan KTP el dapat dilakukan di luar domisili. Ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional, demikian dikatakan Kepala Retno Suprobowati, SH.MM.MKn.(Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal).

Lanjut Retno Suprobowati, SH.MM.MKn, dengan pemberlakuan peraturan ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus KTP el. Percetakan KTP el luar domisili juga bisa dilakukan apabila KTP el nya rusak. Tidak usah dengan surat kehilangan dari Kepolisian, cukup ditunjukkan KTP el nya rusak dan dilampirkan KK nya bila ada. Sistem baru pembuatan KTP el ini merupakan upaya pemerintah mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam segi administrasi kependudukan di pusat dan daerah.

Retno Suprobowati, SH.MM.MKn mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Tegal yang merantau untuk membawa fotocopy KK, jaga-jaga bila mana KTP el nya hilang bisa mengurus percetakan KTP el nya di tempat perantauan.

Untuk Pengurusan KTP el,  Kami telah menekankan berkali-kali bahwa pengurusan KTP el tidak ada biaya (gratis) termasuk restribusi yang secara resmi sudah dihapus oleh Pemerintah.

Diingatkan kembali bahwa KTP manual atau KTP lama sudah tidak berlaku lagi sejak 1 Januari 2015. Karena itu bagi pemegang KTP lama diminta segera mengganti dengan KTP elektronik. Ketidakbolehan menggunakan KTP lama sesuai dengan Perpres 112 tahun 2013 eksplisit normanya 1 Januari 2015 tidak boleh menerbitkan KTP lama.

Untuk itu, kami menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Tegal yang belum melakukan perekaman KTP el untuk segera mengurus di kantor Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) di masing-masing Kecamatan,  pungkas  Retno Suprobowati, SH.MM.MKn.